BERBAGI

JAKARTA – CEO Apple Inc. Tim Cook berpandangan pemangkasan pajak korporasi Amerika Serikat akan berdampak positif pada perekonomian. Namun, di sisi lain, dia berharap ada penyelesaian yang baik terkait perang dagang dengan China.

Pandangan tersebut disampaikannya dalam wawancara dengan CNN belum lama ini. Menurut Tim, pemotongan pajak perusahaan yang dieksekusi oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan membuat aliran investasi makin deras ke Negeri Paman Sam.

“Pemangkasan pajak itu sangat bagus untuk ekonomi AS karena saya pikir, Anda sudah melihat, orang berinvestasi lebih banyak di AS. Saya pikir itu akan menciptakan lapangan kerja,” katanya, seperti dikutip pada Jumat (26/10/2018).

Menurutnya, pemangkasan pajak tersebut memiliki multiplier effect yang positif bagi perekonomian dalam jangka panjang. Bagaimanapun, penurunan tarif itu akan dilihat sebagai peluang untuk menambah investasi perusahaan.

Desember 2018, sebuah undang-undang yang akrab disebut Tax Cuts and Jobs Act (TCJA) disepakati. Dalam regulasi yang berlaku pada 2018 ini, ada penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) badan dari 35% menjadi 21%.

Di sisi lain, Tim melihat harus ada penyelesaian yang baik dalam perang dagang antara AS dan China. Dua negara ini, menurutnya, mempunyai pengaturan yang rumit dengan beberapa perjanjian yang belum tersentuh dalam jangka panjang.

“Itu perlu diperbarui, tidak ada keraguan tentang itu, ada beberapa topik besar yang perlu ditangani,” katanya.

Dia akan mendorong pemerintah AS tidak menaikkan tarif terhadap China. Menurutnya, langkah ini penting bagi AS agar dunia dapat berjalan dengan baik. Terlebih, permasalahan ini menyangkut dua ekonomi terbesar di tingkat global. (kaw)