BERBAGI

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah pejabat, di antaranya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Kepala BKPM Thomas Lembong, telah terbang menuju Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Group 20 (G-20). Namun sebelumnya mengawali kunjungannya ke Turki.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan, terkait ekonomi dan keuangan global Presiden Jokowi juga akan menyinggung pentingnya aksi bersama anggota G-20 dalam memerangi penggelapan pajak, mengingat G20 harus mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan dan berimbang.

Dalam KTT ini, menurut Bey, Presiden akan menyampaikan pesan agar G20 dapat menjadi bagian dari solusi berbagai tantangan global. “Utamanya dalam menghadapi ancaman terorisme di mana Presiden akan menjadi pembicara utama dalam sesi tersebut,” ujarnya dalam laman resmi Setkab, Rabu (5/7/2017).

Sementara kunjungan ke Turki merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Erdogan ke Jakarta pada tahun 2015 yang lalu. “Selain itu, Presiden juga akan memanfaatkan kunjungan tersebut untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang. Di antaranya bidang ekonomi, industri strategis, hingga pemberantasan terorisme,” jelas Bey dalam siaran persnya.